Siapa yang menyangka, ternyata bekatul merupakan salah satu Teh Bajakah tradisional yang sudah diketahui sejak lama. Sebuah sisa penggilingan dari pada ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk makanan ternak, namun juga bisa digunakan untuk mengatasi kolesterol pada manusia. Memang terdengar tidak wajar, namun fakta tersebut memang telah diketahui oleh orangorang sejak dulu bahwa bekatul dapat memberikan efek pengurangan kolesterol dalam tubuh.

Teh Bajakah Tradisional Yang Melegenda

Tidak hanya sebagai sebuah legenda, ternyata penggunaan bekatul sebagai manfaat kayu bajakah juga bisa diuktikan secara ilmiah. Di dalam bekatul ternyata terkandung berbagai macam zat yang baik untuk mengikat dan membawa kolesterol dalam tubuh yang kemudian akan diangkut keluar dari tubuh melalui lubang dubur ketika BAB. Cara ini rupanya dikenal cukup efektif untuk memberikan efek pengurangan kadar kolesterol itu sendiri. Tak hanya sampai di sana, ternyata bekatul juga mampu memberikan kebaikan lain untuk tubuh manusia. Salah satunya adalah kebaikan untuk pencernaan. Ternyata bekatul diketahui memiliki serat yang sangat tinggi yang terkandung di dalamnya. Sehingga ketika bekatul ini masuk ke dalam pencernaan, ia akan bekerja memudahkan proses pencernaan yang terjadi di dalamnya sehingga pencernaan pun menjadi sehat dan lancar. Meskipun mengkonsumsi bekatul terdengar tidak umum, ternyata memang sudah terbukti benda ini sangat efektif memberikan efek baik bagi penderita kolesterol. Penderita kolesterol bisa melakukan pengolahan makanan ini menjadi makanan yang nikmat untuk disantap. Beberapa proses pengolahan yang mungkin dilakukan untuk menyajikan bekatul adalah dengan mengukus atau sangrai. Dengan kreatifitas anda, mungkin makanan ini bisa menjadi cemilan sehat yang baik untuk tubuh anda baik penderita kolesterol ataupun tidak.

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia sendiri merupakan kondisi di mana di dalam aliran darah manusia terkandung banyak sekali kolesterol melebihi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada dasarnya tubuh manusia bisa dengan mudah menciptakan kolesterolnya sesuai kebutuhan. Namun asupan makanan yang kurang sehat dan ditambah tidak ada iringan olahraga teratur, menyebabkan penimbunan kolesterol menjadi semakin meningkat. Sehingga terjadilah yang namanya hipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *